Welcome to our website !

industri animasi

tutorial after effect, autodesk maya, 3ds Max dan software grafis lainnya




Untuk menjadi seorang motion desain hal yang harus kalian miliki adalah sebuah bakat dan taste visual yang baik, sebenarnya ga harus memiliki bakat. semua hal kalo kita suka dan tekun pasti bisa kita kuasai. apapun itu.
kalian harus memiliki sebuah karakteristik dan kemampuan dari seorang desainer grafis, seorang programer, animator dan pembuat film.

Nah berikut ini tips mejadi motion grafis

-. Menyukai motion grafis
Sama halnya jika kalian ingin memiliki pasangan yang kalian inginkan,
kalian harus menyukai pasangan kalian tersebut untuk memilikinya. Sama juga seperti motion grafis, untu menjadi seorang motion desain hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyukai bidang ini.
tentu menyukai pekerjaan dan menekuni adalah kunci sukses dari semua hal.
Kalian tidak harus bisa gambar atau mempunyai keturunan seni, karena ketika kamu sudah menyukainya bukah hal yang tidak mungkin untuk mempelajarinya terus menerus. Yang harus kalian lakukan adalah menyukainya dan mengembangkannya dengan cara belajar.

-Mempelajari motion desain
Dinegara kita ini sangat sedikit jurusan khusus di bidang motion grafis. Tapi, sekolah atau perkuliahan yang berhubungan dengan motion grafis sudah lumayan banyak seperti jurusan desain grafis, animasi, broadcast, dll. kalaupun tidak kuliah yang berhubungan grafis kesempatan menjadi motion graphic tidak serta merta hilang.
Yang harus kalian lakukan ialah mencari ilmu tersebut diluar akademik pembelajaran seperti melalui internet, dan banyak meliahat tutorial yang, mengikuti perkumpulan motion desain atau apa saja yang berhubungan dengan motion desain tersebut.

-Mencari referensi desain
bisa dari behance, pinterest, shutterstock, flickr , kreavi, tapi aku pribadi sih menyukai pintereset
Dengan mencari refrensi desain-desain bagus yang dilihat dari visual dalam desain tersebut, isi pesan dalam desain tersebut, serta cara pembuatan desain tersebut. Selain kalian melihat hal-hal tersebut kamu juga bisa belajar dari desain tersebut, secara langsung ilmu seni kalian akan bertambah dan refrensi desain kalian bertambah banyak.

-Membuat gaya desain baru
Kalian juga harus dituntut untuk memiliki pemikiran kreatif yang tinggi. Carilah gaya desainmu sendiri yang berbeda dengan orang lain dengan membuat bentuk baru, pergerakan animasi yang baru dan menarik. cba liat seperti kok bisa channel youtube itu. mereka mempunyai beberapa karakter khas dan terus mereka gunakan dalam video mereka.
Jangan takut juga untuk berbeda dengan desain lain dan terus berkreasi, temukan gaya desain yang khas kamu dan membuat orang lain mengenali bahwa itu desain kalian. karena itu mencari refrensi sangatlah penting untuk kalian yang ingin menjadi motion desainer.

-Memperhatikan karya desainmu
Motion grafis sering kali kita temui didalam sebuah iklan TVC, oleh karna itu kalian juga harus memperhatikan karya kalian dengan media yang akan digunakan, pastikan semua elemen seperti warna, bentuk font, dll itu pantas dan cocok pada media tersebut. karna sebuah motion desain yang baik adalah desain yang dapat menyampaikan sebuah pesan kepada audience dengan baik.

-BE YOUR SELF
Percayalah pada kemampuan yang kalian miliki, dan saling menghargain karya desain orang lain. Karena dengan menghargai semua hal baik akan datang.

kita ingin memperbesar layer dengan script
jadi pertama buka after effect dan run script dibawah ini
myComp = app.project.item(1);
mySolid = myComp.layers.addSolid([1.0,1.0,0], "my square", 50, 50, 1);

newMask = mySolid.Masks.addProperty("Mask");
newMask.inverted = true;
myMaskShape = newMask.property("maskShape");
myShape = myMaskShape.value;
myShape.vertices = [[5,5],[5,45],[45,45],[45,5]];
myShape.closed = true;
myMaskShape.setValue(myShape);

myPosition = mySolid.property("position");
myPosition.setValueAtTime(0,[80,30]);
myPosition.setValueAtTime(1,[130,60]);
myPosition.setValueAtTime(2,[80,90]);
myPosition.setValueAtTime(3,[30,60]);
myPosition.setValueAtTime(4,[80,30]);

myRotation = mySolid.property("rotation");
myRotation.setValueAtTime(0,0); \\ ini uda dicobakan pada postingan sebelumnya 
myRotation.setValueAtTime(4,720);
  
\\ ini script yang secara khusus memperbesar layer
myScale = mySolid.property("scale"); \\penamaan myScale , bisa diganti dengan apapun 
myScale.setValueAtTime(0,[100,100]); 
myScale.setValueAtTime(1,[50,50]);
myScale.setValueAtTime(2,[100,100]);
myScale.setValueAtTime(3,[50,50]);
myScale.setValueAtTime(4,[100,100]); \\ pada detik ke 4 layer di perbesar dengan x 100 dan y 100
 
sebenarnya kita bisa saja ganti myScale dengan yang lain asalkan namanya ga dipake oleh script after effect.
dari postingan ketiga ini kita jadi paham

bagaimana membuat layer  , 
 merubah posisi pada detik detik tertentu , 
merubah rotation pada detik detik tertentu 
dan scaling pada detik detik tertentu 
 
script bisa dijalankan secara individu seperti contoh ini yaitu run script. atau pun script bisa kita masukkan dalam parameter tertentu 
seperti opacity layer, rotation layer , scale layer dan lain lain. 

untuk lebi jelasnya bisa cek di motionscript.com atau help adobe  ya
bisa search di google namun bahasanya bhasa inggris
 



Kami ud joyo membutuhkan sopir mitsubishi L-300 untuk mengangkut tabung oksigen dan tabung gas lain.
Jam kerja 7 pagi- 4 sore.
Gaji mingguan 340rb. plus uang makan

Syarat
. Diusahakan rajin solat..
punya sim A.
potokopi ijasah smp dan fotokopi ktp
Pekerja keras.
Betah d tmpt kami min 6 bln
Domisili harus kec Sukoharjo ato kec bendosari
Kuat (karena tabung nya berat)
Wa ato telp ato lgsg k tmpt saya. Janjian dlu ke  rsud sukoharjo ke utara 500m timur jalan
Cek website joyoalkes.com hub no yg tertera di joyoalkes.com

Lalu bagaimana menganimasikan opacity dengan script ,
kali ini kita akan membuat script yang berisi pembuatan layer , perubahan posisi rotasi scaling dan perubahan opacity dari layer
opacity dan rotasi berbeda dengan  scale dan posisi,
karena opacity dan rotation hanya punya satu parameter, yaitu X
sedangkan  scale dan posisi punya parameter x dan y bahkan z
lalu bagimana jika berbeda , kalo untuk parameter x dan y kalian harus menambahkan  [ ] seperti ini [x,y]
nmun jika parameter hanya x saja , kalian ga perlu ada tanda [ ] .
ini contohnya run script ini di after effect kalian
myComp = app.project.item(1);
mySolid = myComp.layers.addSolid([1.0,1.0,0], "my square", 50, 50, 1);

newMask = mySolid.Masks.addProperty("Mask");
newMask.inverted = true;
myMaskShape = newMask.property("maskShape");
myShape = myMaskShape.value;
myShape.vertices = [[5,5],[5,45],[45,45],[45,5]];
myShape.closed = true;
myMaskShape.setValue(myShape);

myPosition = mySolid.property("position");
myPosition.setValueAtTime(0,[80,30]);
myPosition.setValueAtTime(1,[130,60]);
myPosition.setValueAtTime(2,[80,90]);
myPosition.setValueAtTime(3,[30,60]);
myPosition.setValueAtTime(4,[80,30]);

myRotation = mySolid.property("rotation");
myRotation.setValueAtTime(0,0); \\ satu parameter 
myRotation.setValueAtTime(4,720);

myScale = mySolid.property("scale");
myScale.setValueAtTime(0,[100,100]);
myScale.setValueAtTime(1,[50,50]);
myScale.setValueAtTime(2,[100,100]);
myScale.setValueAtTime(3,[50,50]);
myScale.setValueAtTime(4,[100,100]);

myOpacity = mySolid.property("opacity");
myOpacity.setValueAtTime(0,100);
myOpacity.setValueAtTime(1,50); \\ satu parameter 1 mewakili detik, 50 mewakili opacity
myOpacity.setValueAtTime(2,100);
myOpacity.setValueAtTime(3,50);
myOpacity.setValueAtTime(4,100);


script diatas bisa kalian run di after effect.
Edgar wright. //

Seorang sutradara film dari inggris//
Karya dia yg paling terkenal tentu saja film cornetto trilogy//
Cornetto trilogi sendiri/ merupakan film yg masing masing menggunakan es krim cornetto dari walls sebagai referensi//

untuk film yang pertama/ Cornetto strawberry yg merupakan warna merah/ simbol dari zombie// Yakni film shaun of the dead//
Untuk Film yang kedua / Cornetto classico yang merupakan warna biru //   melambangkan polisi . Yakni film hot fuzz//
Untuk film yang ketiga / Cornetto mint / Warna hijau melambangkan alien. Yakni film the world's end//

Film pertama edgar wright yg aku tonton/
adalah shaun of the dead pas tahun 2008 //walaupun film ini release tahun 2004//
Film ini ditulis oleh Edgar Wright dan simon pegg//
Dan. Boom film ini benar benar ga bsa dilupakan/ Style filmmaking yg sangat unik//

Dan mnurutku ada 6 hal yg unik dari edgar wright style yang bisa dicontoh bagi kalian filmmaker//

-Transisi antar scene .
Transisi adalah hal yang penting / menghubungkan scene satu dengan scene selanjutnya//
sperti saat adegan scott telponan dengan kakaknya

Saat
Dan juga Sebenarnya nerdwriter ud menjelaskan dlm videonya dg judul scott pilgrim :make your transitions count.

-Foreshadowing keseluruhan cerita. Jadi dalam simbol simbol mencoba menjelaskan jalan cerita secara keseluruhan tanpa kehilangan keseruan dalam menonton film ini.

-visual komedi. Seperti tony dalam every frame a painting dimana edgar wright dalam menyampaikan komedi nya tidak selalu dg verbal tapi juga visual.

-Ritme yg tepat
Ritme yg tepat merupakan hal yang penting dan ini sangat samgat butuh jam terbang. Ak beberapa kali mencoba membuat film pendek yg niru style dari edgar wright dan boom trnyata ga sebagus yg aku bayangkan..

-sangat detail
Bahkan utk film komedi nya edgar wright byk detail yg mgkn ga kita pahami dan ga kita liat bila cmn liat skali atau dua kali.

- merubah hal boring mjd keren
Seperti saat adegan menulis dari hot fuzz dimana nicholas angel harus mencatat anak anak dibawah  yg minum minuman keras




Sgini aja youtube ku ga naik naik.mungkin dari temen temn ada saran

kami cumangitu channel anak menghadirkan video anak .
karena banyaknya channel youtube yang tidak ramah anak. kami hadir untuk anda.
channel youtube khusus untuk anak anak.
jangan lupa subscribe like dan komen




hello there My name galennolan I am motion graphic artist i already read your project details it's about making video like example link from videohive i can make video like your want i have done a lot video animation. you can check my work at youtube.com/mrgaliho hope i can work for you thanks Mograph https://youtu.be/cciWyuYmZZc Whiteboard animation https://youtu.be/2OfhQM8K5Lk Motion tracking https://youtu.be/rYTDGv6NbTM Mobile app https://youtu.be/y1qKiEnajWU Plz give me chance. I will make best video for you
 Dengan script kita bisa menggunakan fitur apapun di after effects. dan enaknya adalah akan mempercepat workflow kita, jika kita bisa menggunakan after effects expression dengan tepat.

Jadi rencananya kita akan membuat layer dan merotasi dengan script di after effect
langkah pertamanya buka notepad kalian  dan masukkan script ini dan save as .jsx
myComp = app.project.item(1);
mySolid = myComp.layers.addSolid([1.0,1.0,0], "my square", 50, 50, 1);

newMask = mySolid.Masks.addProperty("Mask");
newMask.inverted = true;
myMaskShape = newMask.property("maskShape");
myShape = myMaskShape.value;
myShape.vertices = [[5,5],[5,45],[45,45],[45,5]];
myShape.closed = true;
myMaskShape.setValue(myShape);

myPosition = mySolid.property("position");
myPosition.setValueAtTime(0,[80,30]); 
myPosition.setValueAtTime(1,[130,60]); \\ layer akan berposisi pada 130, 60 pada detik 1
myPosition.setValueAtTime(2,[80,90]);
myPosition.setValueAtTime(3,[30,60]);
myPosition.setValueAtTime(4,[80,30]);

myRotation = mySolid.property("rotation");
myRotation.setValueAtTime(0,0);
myRotation.setValueAtTime(4,720); ]\\ rotasi layer pada detik ke 4 dengan nilai rotasi 720 
 


Lalu buka after effect kalian dan run script ini akan ada layer yang berpindah posisi dan rotasi .


Sebenarnya sih kita ga menambah banyak script disini . tapi dengan memahami script dibawah penambahan variabel variable tertentu yang kedepannya akan memudahkan kita dalam mengedit script dan menjadikan kita scripter yang baik, karena bisa dibaca dan dipahami script kita baik bagi diri kita sendiri atau pun bagi orang lain. mungkin detik ini saat ini kita masih paham dengan script yang kita buat . tapi dengan berjalannya waktu .. mungkin kita bingung sendiri dengan script dan alur yang kita buat

jadi ini dia silakan copas dibawah ini script nya masih sama dengan sebelumnya yaitu membuat layer, add posisi animasi posisi, rotasi scale dan opacity namun dengan penamaan yang lebih jelas

{

  // Create script undo group

  app.beginUndoGroup("Create Square");

  // create project if necessary

  var proj = app.project;
  if(!proj) proj = app.newProject();

  // create new comp named 'my comp'
// dengan begini kita bisa edit dikemudian hari. variabel kita ubah menjadi huruf dulu
  var compW = 160; // comp width
  var compH = 120; // comp height
  var compL = 15;  // comp length (seconds)
  var compRate = 24; // comp frame rate
  var compBG = [48/255,63/255,84/255] // comp background color
  
  var myItemCollection = app.project.items;
  var myComp = myItemCollection.addComp('my comp',compW,compH,1,compL,compRate);
  myComp.bgColor = compBG;

  // create new solid named "my square"

  var mySolid = myComp.layers.addSolid([1.0,1.0,0], "my square", 50, 50, 1);

  // create square mask

  var newMask = mySolid.Masks.addProperty("Mask");
  newMask.inverted = true;
  var myMaskShape = newMask.property("maskShape");
  var myShape = myMaskShape.value;
  myShape.vertices = [[5,5],[5,45],[45,45],[45,5]];
  myShape.closed = true;
  myMaskShape.setValue(myShape);

  // set postition keyframes

  var myPosition = mySolid.property("position"); // penambahan var
  myPosition.setValueAtTime(0,[80,30]);
  myPosition.setValueAtTime(1,[130,60]);
  myPosition.setValueAtTime(2,[80,90]);
  myPosition.setValueAtTime(3,[30,60]);
  myPosition.setValueAtTime(4,[80,30]);

  // set rotation keyframes

  var myRotation = mySolid.property("rotation"); // penambahan var
  myRotation.setValueAtTime(0,0);
  myRotation.setValueAtTime(4,720);

  // set scale keyframes

  var myScale = mySolid.property("scale"); // penambahan var
  myScale.setValueAtTime(0,[100,100]);
  myScale.setValueAtTime(1,[50,50]);
  myScale.setValueAtTime(2,[100,100]);
  myScale.setValueAtTime(3,[50,50]);
  myScale.setValueAtTime(4,[100,100]);

  // set opacity keyframes

  var myOpacity = mySolid.property("opacity"); // penambahan var
  myOpacity.setValueAtTime(0,100);
  myOpacity.setValueAtTime(1,50);
  myOpacity.setValueAtTime(2,100);
  myOpacity.setValueAtTime(3,50);
  myOpacity.setValueAtTime(4,100);

  app.endUndoGroup();

}
 
 


Giman lebih mudah dipahami kan. silakan coba sendiri kembangkan script yang akan kalian buat di after effect
dan happy scripting
source :motionscript.com



halo semua kali ini kita akan membahas tentang bagaimana persiapan seorang anak kuliahan  untuk menghadapi dunia kerja beberapa tahun mendatang,
hanya satu sih kalo menurutku

slalu perbarui portofolio

Oke mungkin kita berfikir, buset ini kerjaan ku jelek masak diposting aja. justru karena jelek harus di posting, karena semakin terpampang kalian akan sadar dan memacu diri sendiri untuk terus memperbaiki portofolio. dan jika setiap portofolio kamu update kalian akan merasa. waoow.. emang semakin hari portofolioku semakin hari semakin baik, dan tentu saja kalian akan menikmati proses perbaikan portofolio tersebut.
dan walla saat portofolio kalian semakin bagus pekerjaan akan datang menghampiri kalian

hanya berawal dari iseng perbarui portofolio dan upload , kalian akan mendapatkan pekerjaan

oke segitu dulu terima kasih . dan jangan lupa follow terus blog ini.. juga jgan lupa share. kalo memang layak di share
matur nuwun
Beuh kemarin habis nyari definisi dari after effect expression dan susahnya minta ampun kalo pun ada .. itu buku nya uda lama dan sangat singkat
dan akhirnya aku nemu sumber tentang after effect expression buku luar marcus geduld.

After effect expression merupakan fitur yang terdapat dalam after effect dimana kita dapat memasukkan script di dalamnya.After effect expression adalah alat, seperti dalam penggunaan rotation tool dan pen tool ,kita bisa menggunakan expression to mengatur animasi dan composition di After effect. Kebanyakan tool di after effect dapat digunakan dengan klik dan drag sebuah icon dengan mouse,  namun after effect expression digunakan dengan mengetikkan sebuah script di keyboard. ketika kita mengetikkan script, kita memerintahkan after effect apa yang harus dilakukan. (Marcus Geduld, USA, 2013).




MAkin banyak banget nih di dunia start up yang menggunakan video explainer dalam menjelaskan tentang perusahaannya seperti dropbox, google, , jasa hosting dan lain lain.
nah pertanyaan yang muncul

ngapain juga bikin video explainer? tujuannya apa? kenapa harus?

Menurut penelitian yang dilakukan animoto
-73 % calon pembeli lebih berkemungkinan untuk membeli produk, jika ada video explainer yang ditampilkan
-dan 58 % Konsumen lebih percaya kepada perusahaan yang memiliki video explainer dalam strategi marketingnya
linknya link 



sekarang tau kan betapa efektifnya mempunyai video explainer. animoto melakukan uji sampel di amerika. Kita sebagai negara berkembang biasanya akan mengikuti trend yang telah terjadi di negara maju.. so .. buat donk video explainer anda..


Dari sekian banyaknya aplikasi kenapa sih kita harus make after effect untuk membuat video explainer 2d.
menurut Barry J. Kelly dalam bukunya  Foundation Flash Cartoon Animation.
ini alasan kenapa kita harus menggunakan after effects

1. Animasi yang akan dibuat lebih dari 1 menit
 2. Saat kamu menganimasikan membutuhkan banyak file yang berbeda seperti Fla, jpg, png dll
3. Ingin memasukkan  pergerakan kamera yang komplex
4. Hasil akhir format yang diinginkan bisa bermacam macam.
5. Membutuhkan effect effect yang komplex dan otomatis.

Diatas adalah alasan kenapa kita harus menggunakan after effects. jika diatas tidak ada.. ya bisa pake lain, seperti adobe flash.. atau apa itu namanya yang baru. karena adobe flash uda diganti ama adobe dengan nama baru lupa aku namanya

jadi selamat menggunakan adobe after effect untuk membuat video animasi 2D






post here




start her
 
Jadi kita ingin membuat layer solid dengan warna kuning dengan ukuran width dan length 50
llu layer tersebut bergerak tiap detik
 
Pertama buka after effect create composition. 
lalu buka notepad masukkan kode dibawah ini dan save as  
 
 
myComp = app.project.item(1);
mySolid = myComp.layers.addSolid([1.0,1.0,0], "my square", 50, 50, 1); // property dari layer

newMask = mySolid.Masks.addProperty("Mask");
newMask.inverted = true;
myMaskShape = newMask.property("maskShape");
myShape = myMaskShape.value;
myShape.vertices = [[5,5],[5,45],[45,45],[45,5]];
myShape.closed = true;
myMaskShape.setValue(myShape);

myPosition = mySolid.property("position"); //myPosition adalah position dari layer
myPosition.setValueAtTime(0,[80,30]);   //nah disini set positionnya
myPosition.setValueAtTime(1,[130,60]);
myPosition.setValueAtTime(2,[80,90]);//setValaueAtTime untuk set keyframe 
myPosition.setValueAtTime(3,[30,60]);
myPosition.setValueAtTime(4,[80,30]);





anda bisa save script nya ke .jsx unicode UTF -8 dan run script di after effect


Jadi ini nantinya ceritanya kita buat layer solid dengan script
pertama kita bka after effect
lalu minimize after effect
buat script di text editor notepad. save as mnjadi jsx
buka after effect lagi run script yang telah dibuat .

saya berasumsi anda semua sudah sering menggunakan after effect. dan saatnya kita mendalami tentang after effect script. memang sih kita cukup dengan mudah ctrl  + Y untuk membuat solid layer. tapi kita akan mencoba membuat layer solid dengan after effect expression supaya ke depannya kita akan dengan mudah memahami cara kerja dari expression

Pertama buat composition dengan ukuran terserah dan minimize after dulu
Kedua buka text editor bisa notepad
  write your script seperti ini

myComp = app.project.item(1);
mySolid = myComp.layers.addSolid([1.0,1.0,0], "my square", 50, 50, 1);
  
1.0,1.0,.0 = warna kuning dari layer
50 ,50 adalah ukuran size dari layer solid nya 
kamu bisa copas code itu lalu run dan save script nya dengan .jsx extension pada UNICODE (UFT-8)

nah buka after effect kalian  run script .jsx yang telah dibuat dan walla






After effect expression meruapakan fitur di dalam after effect, merupakan script yang bisa menggabungkan layer dengan layer lain, koneksi layer satu dengan lain, atau bahkan animasi tertentu tanpa sedikitpun kita menyentuh keyframe.

Jika digunakan dengan tepat , after effect expression akan mempercepat workflow kita dalam membuat animasi atau effect di after effect.
adalah dan ebbert dalam websitenya motionscript.com merupakan resource terbesar untuk after effect expression.
jadi jika ingin belajar lebih dalam tentang expression dengan bahasa inggris silakan berkunjung ke website beliau.

Oke kali ini kita akan membahas tentang if /else condition di after effect expression

contoh nya
1. Case : membuat opacity sebuah layer dikoneksikan dengan rotation dari layer tersebut
if (rotation < 180) 100 else 50 ( Contoh )

yang artinya
if (rotation < 180) ---> jika rotation layer < 180 maka opacity 100% lainnya opacity berubah menjadi 50 %

berikut penulisannya di after effect 
nah kalian membuaat layer solid dulu di after effect.
pada opacity layer tersebut klik alt + klik  dan masukkan script
if (rotation < 180){
  100
}else{
  50
}
harus ada penambahan {}


2. Case :  kali ini kita menambahkan or dan and pada if dan else condition
|| , && , !
 || = OR , && = AND, dan ! = bukan

if (rotation<90 || rotation>270) 100 else 50
 jadi case : nya kita ingin opacity dari layer  = 100 ketika rotation berada di antara 0 -90  atau diantara 180 dan 270 opacity = 50
ini kode yang di copas di opacity layer kita buat layer dulu pada  opacity layer alt klik dan masukkan kode ini
if (rotation<90  || rotation>180 && rotation<270) 100 else 50 





Direktur dari batman trilogy , memento, interstellar, inception, dan insomnia ini
ternyata suka banget dengan stanley kubrick
setelah aku cek booomm
stanley kubrick merupakan film director yang amat sangat keren.. banyak film jaman sekarang ternyata referensi ny dari film nya stanley kubrick.
di tahun 1968 dengan teknologi yang masih belum berkembang beliau telah menghasilan film 2001: A Space Odyssey film sci fi
booom
gilak bener... keren banget ni orang
bahkan sampai sekarang pun 2001: A Space Odyssey masih termasuk film sci fi yang terbaik .. padahal itu hampir 48 tahun yang lalu namun film ini masih termasuk film sci fi terbaik. tau sendiri kan untuk membuat film sci fi kan harus punya pemikiran futuristic
salut untuk mister stanley kubrick


apa aja sih kerja freelancer itu
well dunia freelancer itu sangat luas
berikut ini adalah skill tertentu yang biasanya dibutuhkan di dunia online freelancing
kita akan mulai dari yang paling laku ya
ada yang namanya

kategori Website, IT dan software
di kategori ini banyak banget
 ada yang video editing, video service, animation, after effect, 3D animation, 3D modelling. motion graphics, mobile phones, android, i phone,

Writing dan content
bisa untuk penulis nih
online writing, business writing ,

Design, media dan arsitektur
Interior design, business cardsphotoshop design, logo design, flash, action script, T-shirt, final cut pro, prezi (presentasi slide) , video production, sound design, cinema 4D

data entry dan admin

penerjemahan

tinggal daftar di website freelancer.com bikin portofolio dan nikmati kebebasan finansial. haahha bukan mlm lho

oke segitu dulu. kalo ada pertanyaan komen ya. dan jangan lupa share link ini jika menurut anda ini cukup layak untuk di share
terimakasih