Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Kamis, 01 Desember 2016

Cara menjadi freelancer motion grafis




Untuk menjadi seorang motion desain hal yang harus kalian miliki adalah sebuah bakat dan taste visual yang baik, sebenarnya ga harus memiliki bakat. semua hal kalo kita suka dan tekun pasti bisa kita kuasai. apapun itu.
kalian harus memiliki sebuah karakteristik dan kemampuan dari seorang desainer grafis, seorang programer, animator dan pembuat film.

Nah berikut ini tips mejadi motion grafis

-. Menyukai motion grafis
Sama halnya jika kalian ingin memiliki pasangan yang kalian inginkan,
kalian harus menyukai pasangan kalian tersebut untuk memilikinya. Sama juga seperti motion grafis, untu menjadi seorang motion desain hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyukai bidang ini.
tentu menyukai pekerjaan dan menekuni adalah kunci sukses dari semua hal.
Kalian tidak harus bisa gambar atau mempunyai keturunan seni, karena ketika kamu sudah menyukainya bukah hal yang tidak mungkin untuk mempelajarinya terus menerus. Yang harus kalian lakukan adalah menyukainya dan mengembangkannya dengan cara belajar.

-Mempelajari motion desain
Dinegara kita ini sangat sedikit jurusan khusus di bidang motion grafis. Tapi, sekolah atau perkuliahan yang berhubungan dengan motion grafis sudah lumayan banyak seperti jurusan desain grafis, animasi, broadcast, dll. kalaupun tidak kuliah yang berhubungan grafis kesempatan menjadi motion graphic tidak serta merta hilang.
Yang harus kalian lakukan ialah mencari ilmu tersebut diluar akademik pembelajaran seperti melalui internet, dan banyak meliahat tutorial yang, mengikuti perkumpulan motion desain atau apa saja yang berhubungan dengan motion desain tersebut.

-Mencari referensi desain
bisa dari behance, pinterest, shutterstock, flickr , kreavi, tapi aku pribadi sih menyukai pintereset
Dengan mencari refrensi desain-desain bagus yang dilihat dari visual dalam desain tersebut, isi pesan dalam desain tersebut, serta cara pembuatan desain tersebut. Selain kalian melihat hal-hal tersebut kamu juga bisa belajar dari desain tersebut, secara langsung ilmu seni kalian akan bertambah dan refrensi desain kalian bertambah banyak.

-Membuat gaya desain baru
Kalian juga harus dituntut untuk memiliki pemikiran kreatif yang tinggi. Carilah gaya desainmu sendiri yang berbeda dengan orang lain dengan membuat bentuk baru, pergerakan animasi yang baru dan menarik. cba liat seperti kok bisa channel youtube itu. mereka mempunyai beberapa karakter khas dan terus mereka gunakan dalam video mereka.
Jangan takut juga untuk berbeda dengan desain lain dan terus berkreasi, temukan gaya desain yang khas kamu dan membuat orang lain mengenali bahwa itu desain kalian. karena itu mencari refrensi sangatlah penting untuk kalian yang ingin menjadi motion desainer.

-Memperhatikan karya desainmu
Motion grafis sering kali kita temui didalam sebuah iklan TVC, oleh karna itu kalian juga harus memperhatikan karya kalian dengan media yang akan digunakan, pastikan semua elemen seperti warna, bentuk font, dll itu pantas dan cocok pada media tersebut. karna sebuah motion desain yang baik adalah desain yang dapat menyampaikan sebuah pesan kepada audience dengan baik.

-BE YOUR SELF
Percayalah pada kemampuan yang kalian miliki, dan saling menghargain karya desain orang lain. Karena dengan menghargai semua hal baik akan datang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive