Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Kamis, 29 Agustus 2013

Rigging atau penulangan dalam animasi 3D



Rigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi ,, agar ke depannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut...
Rigging merupakan hal yang penting.. dan bila terjadi peyok peyok  (hahah bahasanya) , bila terjadi peyok peyok pada animasi kita berarti itu adalah keslaahan pada saat rigging..
meskipun kemungkinan besar itu merupakan kesalahan proses modelling dimana objek 3d tersebut tidak sesuai topologi pada umumnya sehingga mengakibatkan peyok..

jadi kalo ada tangan ato siku kok kayag berbentuk balon itu adalah kesalahan rigging atau kesalahan modelling ... yaaahhh ... begitulah

Sebuah rig karakter pada dasarnya adalah sebuah kerangka digital terikat mesh 3D. Seperti tengkorak yang nyata, rig terdiri dari sendi dan tulang, yang masing-masing bertindak sebagai "menangani" yang animator dapat digunakan untuk menekuk karakter tersebut ke dalam pose yang diinginkan.

Sebuah rig karakter dapat berkisar dari yang sederhana dan elegan untuk bertumbuhnya kompleks. rig ini menggantikan fungsi tulang dalam dunia nyata. namun rig tidak terbatas pada character manusia tapi bisa diset sedemikian rupa untuk kebutuhan motorik. . rigging juga bisa digunakan untuk mobil, mesin, dan semua pergerakan yang otomatis.



ingin membuat undangan nikah cek disini bit.ly/undangannikahvideo
Share:

2 komentar:

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive