tutorial after effect, autodesk maya, 3ds Max dan software grafis lainnya

Rabu, 12 Februari 2014

Rigging pada Autodesk Maya

Rigging
Setelah semua tekstur telah dibuat maka langkah selanjutnya proses pemberian tulang pada karakter 3d yang telah dibuat.
1.      Menyetting polygon menjadi animation pada kiri atas

2.      Pada menu atas pilih skeleton à joint tool

3.      Membentuk joint tool sesuai dengan karakter yang telah dibuat

4.      Lalu klik pada root joint  dan shift select pada karakter yang telah dibuat klik skin -à bind skin -à smooth bind

5.      Sekarang karakter dapat digerakkan


Share:

Buku wajib animator

Dalam pembuatan animasi 3D, terdapat banyak tim, dari 3D artist, lighting artist, animator dan lain lain.
Dan tugas animasi hanya dilakukan oleh animator..
Untuk menjadi animator yang baik berikut ada 2 Buku wajib yang harus dikuasai oleh animator. yaitu

buku Stop Staring
 penulis Jason Osipa
Buku ini berbahasa inggris.

Dan Buku yang kedua tentu saja
Animator's survival kit

Selamat berjuang para animator Indonesia 


Share:

Senin, 10 Februari 2014

Memulai belajar animasi


Bouncing ball adalah cara yang tepat untuk memulai belajar animasi..  walaupun keliatan membosankan  tapi ini adalah dasar dari animasi.. karena sejatinya setiap gerakan itu melingkar atao arcs.. dan dalam latihan bounce arcs sangat terasa .... jadi mulai lah belajar bouncing balll untuk memulai belajar animasi gerakan..

Share:

Review The Raid 2

The Raid 2 keren banget...
tapi agak kecewa siih soalnya kita sebagai penonton kan pengen banget kualitas the Raid 2 ini bakal naik.. tapi ternyata menurut saya kualitas nya turun,,, walaupun keren banget siiiiii.....

pertama
Tokoh Bad ass nya tu kurang banget kurang brutal ... kurang ganas.... kurang bengis...

kedua ..
terlalu banyak di expose si Rama nya

ketiga
belum ada yang ngalahin mad dog di the raid 2

ke4
ketegangan yang berkurang , ya bagus si ada naik turun

bagus banget untuk ukuran film internasional
tapi agak kurang klo dibanding film sebelumnya
http://www.imdb.com/title/tt2265171/


Share:

Contoh CV

Karena saya lagi nyari contoh Curriculum vitae yang menarik.. ga ada salahnya nih .. kalo saya membagi hasil pencarian saya di google . moga bisa menjadi inspirasi untuk pembuatan curriculum vitae kita sendiri.






Share:

Senin, 03 Februari 2014

Pengertian Adobe Premiere

Adobe Premiere
            Adobe Premiere adalah software editing video yang memiliki fitur yang lengkap dan telah populer dipakai di masyarakat secara luas.karena masih satu grup dengan Adobe, Adobe Premiere memiliki kesamaan interface dengan Adobe After Effect dan Adobe photoshop. Hal ini tentunya akan memudahkan dalam pemakaian beberapa program Adobe sekaligus. Image yang akan ditambahkan dapat disiapkan dan diolah pada AdobePhotoshop sementara efek-efek dapat dikelola dengan Adobe After Effect.
            Adobe Premiere merupakan video editing profesional karena mempunyai beberapa fasilitas antara lain Real Preview, Title Designer,peralatan rekayasa suara yang powerful, pengolah audio dua track real-time, custom length, royalty free audio track, fleksibilitas maksimum bekerja dengan windows media audio dan file-file video.
Share:

Minggu, 02 Februari 2014

Menjadi 3D Animator

Animator mempunyai tugas Menggerakkan karakter atau obyek 3D lainnya.  Hal yang paling dasar untuk menjadi 3D animator adalah memahami 12 prinsip animasi
diantaranya adalah
1. straight and go ahead
2. Overlapping action
3. Pose to pose
4. solid drawing
5. Secondary action
6. Timing
7. Anticipation
8. Squash and stretch
9. Staging
10. Slow out and slow in
11. Exaggeration
12. Appeal


Namun yang paling dasar KATA pak Richard William yang nulis buku  Animator Survival Kit ....
yang paling penting adalah Timing dan Spacing..
Timing itu umpama Frame pertama bola itu di kiri
lalu di frame ke 12 bola sudah di kanan nah itu lah yang disebut timing

dan spacing adalah pergerakannya ,,,,


Share:

Tips menjadi 3D modeler yang baik

1. Drawing skill
   tingkat kan kemampuan menggambar kalian. Walaupun bukan skill yang harus dimiliki oleh seorang modeler. kita sangat dimudahkan jika memahami dan meningkatkan drawing skill kita
kayag mas waditya .. Berani menggambar!!!!

2. Topologi dan proporsi
    Topologi merupakan alur edge dari obyek 3D yang akan kita buat. dalam gambar di bawah terlihat lingkaran diluar bagian mata. juga terdapat lingkaran di daerah mulut... dan untuk bagian kanan dan kiri nantinya terhubung di tengah.. pengaturan garis edge 3D tersebut adakah topologi.
Kalo untuk proporsi seperti besar kepala seberapanya besar badan,.. proporsi adalah ukuran tepat dengan perbandingan ukuran obyek lainnya
3. Arsitektur
Dalam modeling terkadang kita akan disuruh membuat bangunan tertentu.. mungkin bangunan joglo bangunan roma. maka kita harus paling tidak sedikit lah kita paham tentang arsitektural.

4. Budaya.
Mungkin aja kita dapat proyek seperti membuat modeling orang orang samurai dan bangunan jepang tempo dulu.. tentu saja kita harus melakuin research cari referensi sebanyaknya dan sedikit banyak kita juga taulah budaya
Share:

Sabtu, 01 Februari 2014

langkah langkah menjadi animator kelas dunia part 4

level ke 4

36. memakai jaket
37. menjilat dan menutup amplop
38. berdiri dari duduk di tanah.
39. memencet tombol lift dan menunggu pintu lift terbuka
40. karakter memakan cupcake.
41. obyek terjatuh ke air dan mengapung (bola)
42. karakter bermain kartu remi
43. karakter menyikat gigi dengan sikat gigi semua bagian gigi.
44. kertas yang tertiup angin
45. berlari ke kanan dan kiri dengan beganti ganti arah berlari

Share:

langkah langkah menjadi animator kelas dunia part 3



level 3
25. tangan membuka lalu mengepal , sesuai dengan gerakan yang wajar
26. tangan meraih sesuatu dan mengangkatnya
27. karakter mengangkat sebuah benda yang berat dan membawa nya berjalan
28. gerakan tambahan (gerakan rambut)
29. karakter mengecat rumah
30. memalu sesuatu
31. mencicipi masakan dari sendok
32. karakter meniup balon
33. karakter melakukan sulap
34. karakter ketakutan dan bersembunyi
35. karakter ingin mengatakan sesuatu tapi entah kenapa tidak bisa mengatakan (acrting and emotion face)

gunakan video referensi seperti film, video dari youtube atau bahkan membuat video referensi sendiri


Share:

langkah langkah menjadi animator kelas dunia part 2

12.  perubahan mimik wajah karakter.. contoh dari muka senyum, ke sedih dari sedih langsung marah
13. Karakter melompat sebuah pagar .. seperti atlet lompat tinggi itulah
14. karakter beridiri dari posisi duduk nya dari kursi
15. walk cycle .. karakter berjalan
16. karakter berpegangan tongkat
17. karakter tertawa
18. karakter bersin
19. karakter meraih sesuatu dari rak atas
20. gerakan cepat karakter/ blur
21. karakter bernafas
22. pohon yang rubuh
23. karakter terkena pukulan dari buku, bola atau apapun secara tiba tiba
24. karakter berlari
Share:

Tekstur pintu



tekstur pintu arsitektural free tekstur
Share:

tekstur tembok untuk arsitek



tekstur tembok untuk keperluan arsitektural normal map specular map maupun bump map dari tekstur tembok

Share:

langkah langkah menjadi animator kelas dunia

3 test untuk  menjadi animator yang handal.
Animator disini maksudnya menggerakan karakter, benda , atau yang lainnya


test 1
1. Bola yang memantul di tempat
2. Bola yang memantul dari kiri ke kanan maupun kanan ke kiri
3. tembok yang terjatuh ke tanah.. ya ambruk gitu lah
4. Gerakan simpel kepala yang menoleh
5. Gerakan kepala menoleh tapi menggunakan ancang2
6. Mata karakter yang berkedip
7. Karakter yang sedang berpikir
8. sack semen yang bergoyang goyang
9. sack semen / karung yang melompat-lompat (gunakan imajinasi)
10. sack semen / karung yang terjatuh
11. sack semen / karung menendang bola

Share:

Kursus Video Editing di Solo

galen.nolan1@gmail.comn> Hub Contact Person HP 085642440571 (wa /telp) / 085642440571 [call only] Galennolan.

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive