tutorial after effect, autodesk maya, 3ds Max dan software grafis lainnya

Rabu, 01 Februari 2017

Perkembangan motion grafis





Perkembangan Motion Graphic begitu pesat, seiring dengan banyaknya software motion graphic yang menawarkan berbagai kemudahan dan keistimewaan. bahkan tutorial online pun banyak tersebar dari yang gratis maupun yang berbayar.
Saul Bass adalah orang yang pertama kali mencoba mengkomunikasikan pesan melalui permainan grafik diawal film. Dengan pendekatan simbolis, film yang dibuatnya menyampaikan esensi dan representasi dari seluruh film. Beberapa karyanya adalah Anatomy of a murder, Vertigo, CafĂ© Fear dan The Age of Innocence. Karya besarnya iikuti oleh Pablo Ferro pada beberapa film seperti To Die For, Thomas Crown Affair. Tetapi film-film James Bond-lah yang secara konsisten menggunakan motion graphics sebagai pengantar film. R/GA (Robert and Richard  Greenberg Assoiates) menjadikan motion graphics sebagai industri melalui film-film seperti olf, Rising Sun, True Lies dan The Untouchables.

KyleCooper dari Iaginary Forces (dulunya R/GA cabang LA) mendobrak dunia film di era 90an dengan karyanya Seven yang diikuti karya lainnya pada Mission Impossible, Mimic, Donnie Brasco The Island of Dr. Mureau, Sphere dan masih banyak lagi.

Selain pada film, munculnya industri televisi mendorong perlunya identitas melalui aplikasi motion graphics.
seperti opening news tv, talk show. semua opening acara tv.  Harry Marks yang bekerja pada ABC, BS dan NBC di Amerika Serikat merupakan salah satu pionir yang memanfaatkan motion graphcs untuk dunia televise. Sementara itu Martin Lambie-Nairn juga dipercaya oleh Channel 4 dan BBC TWO untuk membuat identitas televise di Inggris. Lahirna MTV meredifinisi grafik untuk televise melalui integrasi beragam medium dan teknologi dalam mewujudkan varian identitas MTV.

Pada generasi modern, perusahaan seperti Pittard Sullivan, 3 Ring Sircus, Rezn 8 dan Belie dipercaya oleh banyak perusahaan dan stasiun televise untuk membuat identitas televise atau acara tertentu melalui integrasi animasi, live action, tifografi dan musik. Tidak sedikit pula desainer gafis seperti Tibor Kalman, Margo Chase dan AprilGreiman ikut menyumbangkan karyanya untuk dunia motion graphics.

Mungkin banyak diantara kita ada yang bertanya apa sebenarnya arti dari motion grafic. Dari beberapa artikel yang pernah saya baca semuanya tidak ada yang spesifik menjelaskan arti dari motion grafic. Tapi dari semua dapat dirangkum apa arti dari motion grafic tersebut.
ya intinya sih gerakan dari sebuah gambar.  Pengembangan dari seni graphic design yaitu motion design, konteksnya adalah motion graphic sebagai film, video atau computer animation. Termasuk di dalamnya adalah tipografi dan grafis yang bisa dilihat sebagai titles untuk film, pembuka program televisi, bumper dan elemen-elemen grafis yang muncul di layar kaca.y

Kemudian web-based animation, channel id berupa logo tiga dimensi yang merupakan identitas sebuah stasiun televisi. Juga bagian-bagian di dalam iklan televisi. Apapun yang muncul sebagai graphic design dalam media elektronik audio visual adalah pekerjaan yang dilakukan oleh motion designer. Secara tidak disadari oleh pemirsa awam, bahwa karya motion design muncul di media elektronik dengan porsi yang cukup besar.

Program umumnya berdurasi 24 menit, dengan slot untuk commercial break 6 menit. Dalam 24 menit program porsi yang dikerjakan oleh seorang motion designer adalah opening program, bumper in/out, closing program, belum termasuk elemen-elemen pendukung seperti titles, graphic data, virtual set, backgroud dan lain sebagainya. Dalam hal ini saya akan mempokuskan pada motion grafic Bumper.

Bumper Biasanya dipakai pada awal dan akhir sebuah acara dengan menampilkan animasi logo televisi. untuk durasi sebuah bumper tidak kurang dan lebih dari 15 detik. Bumper Disebut juga invisible art karena komponen-komponen ini terlihat tapi tidak disadari oleh pemirsa di dalam sebuah program. komponennya diisi oleh motion designer dalam pembuatan titles, logo animation, product animation, visual effects dan lainnya.

Tetapi perkembangan dunia motion design ternyata sangatlah pesat diimbangi dengan pesatnya teknologi yang mendukung baik software maupun hardware nya. Jika banyak menonton televisi atau menonton film maka akan terlihat bahwa tipografi, visual efek di media ini semakin menarik karena terus berkembang.

Secara tehnik saat seseorang menggunakan aplikasi motion graphic design, aplikasinya berorientasi pada obyek. Dan medianya berupa still images dengan format pixel atau vector, data video dan audio. Di dalam aplikasinya dapat membuat sebuah komposisi yang di dalamnya terdapat timeline, resolusi, hitungan jumlah frame per detik dan ukuran. Saat membuat komposisi, bisa dimasukan satu atau lebih media, yang lalu muncul di dalam composition window dan juga di timeline.

Di dalam tiap media yang bisa disusun masing-masing sebagai layer terdapat properti pengaturan untuk memanipulasi, seperti posisi (x, y dan terkadang z), putaran, ukuran, opacity dan lainnya. Layer-layer dapat digabungkan satu sama lain dalam komposisi. Setiap perubahan atau manipulasi yang dilakukan dapat dibuat keyfame untuk menentukan nilai dari tiap waktu yang ditentukan untuk dimanipulasi. Ini berlaku untuk program komposisi maupun animasi.

Beberapa software yang biasa digunakan dalam pembuatan motion design atau motion graphic dan compositing baik film, video maupun animasi, seperti :
Adobe After Effects
Autodesk Combustion
Softimage XSI
Electric Image
Macromedia Flash /Adob Flash
Blender
NewTek Lightwave
Autodesk Maya or 3D Studio Max
Maxon Cinema 4D
Apple Motion or Shake
Autodesk Flint or Flame

Pengembangan dari seni graphic design yaitu motion design, konteksnya adalah motion graphic sebagai film, video atau computer animation. Termasuk di dalamnya adalah tipografi dan grafis yang bisa dilihat sebagai titles untuk film, pembuka program televisi, bumper dan elemen-elemen grafis yang muncul di layar kaca. Kemudian web-based animation, channel id berupa logo tiga dimensi yang merupakan identitas sebuah stasiun televisi. Juga bagian-bagian di dalam iklan televisi. Apapun yang muncul sebagai graphic design dalam media elektronik audio visual adalah pekerjaan yang dilakukan oleh motion designer.

Secara tidak disadari oleh pemirsa awam, bahwa karya motion design muncul di media elektronik dengan porsi yang cukup besar. Program umumnya berdurasi 24 menit, dengan slot untuk commercial break 6 menit. Dalam 24 menit program porsi yang dikerjakan oleh seorang motion designer adalah opening program, bumper in/out, closing program, belum termasuk elemen-elemen pendukung seperti titles, graphic data, virtual set, backgroud dan lain sebagainya.
Disebut juga invisible art karena komponen-komponen ini terlihat tapi tidak disadari oleh pemirsa di dalam sebuah program. Lalu slot iklan dengan durasi 6 menit, komponennya diisi oleh motion designer dalam pembuatan titles, logo animation, product animation, visual effects dan lainnya.

Tetapi perkembangan dunia motion design ternyata sangatlah pesat diimbangi dengan pesatnya teknologi yang mendukung baik software maupun hardware nya. Jika banyak menonton televisi atau menonton film maka akan terlihat bahwa tipografi, visual efek di media ini semakin menarik karena terus berkembang. Bandingkanlah ketika jaman televisi hanya milik pemerintah yaitu TVRI sampai pada masa televisi swasta yang saat ini telah bermunculan sangat banyak. Begitu juga dalam film, ketika era Superman muncul di layar lebar sampai masa Transformer yang laku keras karena tehnik animasi dan visual efek yang benar-benar menakjubkan.

atau jika anda domisili di solo bisa belajar privat dengan saya .. di kursuskompsolo.blogspot.co.id .  kursus privat terbukti lebih optimal dalam mempelajari detail tentang motion grafis, mungkin banyak yang bilang ada banyak tutorial di inet. tapi percayalah.. lebih enak dan cepat jika mempunyai mentor, memang banyak jalan menuju roma.. tapi jalan yang cepat dan nyaman tentu bersama dengan orang yang berpengalaman. ya kan?


Secara tehnik saat seseorang menggunakan aplikasi motion graphic design, aplikasinya berorientasi pada obyek. Dan medianya berupa still images dengan format pixel atau vector, data video dan audio. Di dalam aplikasinya dapat membuat sebuah komposisi yang di dalamnya terdapat timeline, resolusi, hitungan jumlah frame per detik dan ukuran. Saat membuat komposisi, bisa dimasukan satu atau lebih media, yang lalu muncul di dalam composition window dan juga di timeline. Di dalam tiap media yang bisa disusun masing-masing sebagai layer terdapat properti pengaturan untuk memanipulasi, seperti posisi (x, y dan terkadang z), putaran, ukuran, opacity dan lainnya. Layer-layer dapat digabungkan satu sama lain dalam komposisi. Setiap perubahan atau manipulasi yang dilakukan dapat dibuat keyfame untuk menentukan nilai dari tiap waktu yang ditentukan untuk dimanipulasi. Ini berlaku untuk program komposisi maupun animasi.

Jika kalian telah memahami sejarah dan seluk-beluk mengenai motion graphic, maka saya akan menjelaskan tetang salah satu software yang sering digunakan dalam pembuatan motion graphic yaitu Adobe After Effect.

Adobe After Effect merupakan software buatan Adobe seperti photoshop, Illustrator dan Premiere. Software tersebut saling melengkapi untuk kebutuhan Animasi, Video Editing, Web dan Grafis. After Effect biasa digunakan untuk pembuatan :
Animasi Pemuka / Opening Tune acara TV & Opening CD Interaktif
Movie Intro Game
Movie Company Profile perusahaan
Bumper/Animasi Jeda suatu acara pernikahan
Video Efek dan Animasi Teks untuk iklan
Video efek untuk film layar kaca atau layar lebar


Adobe After effects merupakan software motion grahic yang dapat digunakan sebagai software compositing, animasi  dan video effect. Saat ini Adobe after effect telah banyak digunakan dalam pasca produksi pembuatan film, animasi, multimedia dan keperluan web design. Adobe After effects merupakan software yang menggunakan prinsip susunan layer, seperti halnya software-software grafis dan animasi yang ada pada saat ini, misalnya Adobe Photoshop, Macromedia Flash MX. Adobe After Effect berjalan diatas system operasi Windows.

Adobe After Effects awalnya didesain oleh CoSA (Company of Science and Art) sebagai software untuk motion graphics pada desktop. Setelah diakuisisi oleh Aldus dan kemudian oleh Adobe, dibuat integrasi yang baik antara software ini dengan Adobe Premiere, Photoshop dan Illustrator Karena itu pada saat ini Adobe After Efects merupakan salah satu software animasi multimedia terbaik , yang menyediakan semua yang dibutuhkan oleh para amatir dan professional untuk motion graphics/animasi dan visual effects yang merupakan bagian proses kreatif dari animasi multimedia.

Motion Graphics animasi dan visual effects banyak digunakan pada pascaproduksi pembuatan film, video production dan animasi web. Dalam produksi film dan video production, proses visual effects dipergunakan untuk membuat kesan real pada suatu adegan yang tidak bisa dilakukan pada saat pengambilan gambar dilokasi syuting sehingga diperlukan bantuan computer untuk mengerjakan hal tersebut. Adegan dan efek yang dibuat  lewat computer tentunya akan mengurangi biaya produksi film. Contoh penggunaan visual effects adalah ketika didalam salah satu adegan film terdapat adegan tembak-menembak dengan senjata laser dan akhirnya terjadi sebuah ledakan. Apabila hal ini kita lakukan tanpa menggunakan bantuan computer maka biaya pembuatan produksi film akan membengkak. Selain Adobe After Effects ada software Shake, Digital Fusion dan Combustion yang memang dirancang untk aplikasi visual effects pada komputer desktop.

Di samping untuk menghasilkan efek pada pembuatan film, Adobe After Effects juga banyak dipakai oleh para video kreatif untuk membuat karya video dengan durasi yang pendek, misalnya untuk pembuatan spot iklan dan spot acara. Spot Iklan adalah karya video yang difungsikan untuk memperkenalkan sebuah produk agar konsumen menjadi tertarik terhadap produk yang diiklankan, sedangkan spot acara adalah karya video yang memiliki fungsi sebagai tanda pengenal atau identitas dari sebuah acara yang ditayangkan ditelevisi. Biasanya spot acara ditayangkan sebelum acara tersebut dimulai dan pada saat setelah jeda iklan ditayangkan, yang menandakan bahwa acara tesebut akan dlanjutkan kembali. Keterbatasan durasi tersebut menuntut kreativitas dalam bidang video production untuk berlomba-lomba menghasilan karya yang maksimal dengan memanfaatkan ide dan konsep serta software yang ada.

Adobe After Effects ditawarkan dalam dua paket yang berbeda, yaitu Standart dan Production Bundle. Perbedaan antara keduanya terletak pada fungsi keyframe assistant (the wiggler, Exponential Scale, Motion Math, Motion Tracking, Motion Stabilizing dan Effects (3D Channel, Displacement Map, Mesh Warp, Reshape Matte Tools, Lighting OParticle Playground, Color Diffrence Key). Dengan arsitektur yang bersifat resolution independent, Adobe After Effects cocok untuk digunakan dalam beragam aplikasi seperti film, web, video, film hingga IMAX.

Adobe After Effects telah mendukung 16 bit perchannel sepeti Digital Fusion serta menawarkan ruang kerja 3 dimensi dan fungsi painting seperti Combustion. Fungsi expression yang memanfaatkan syntax Javascript akan memperkaya kemungkinan yang bisa dilakukan. Adobe After effects adalah software animasi bukan image Editing, sehingga untuk image editing perlu menggunakan Photoshop.

Bagi anda yang menginginkan pembuatan video bisa hubungi saya wa 085642440571
bisa cek portofolio saya di youtube.com/mrgaliho

atau bisa order saya di fiverr.com

https://www.fiverr.com/galennolan/make-promotional-video-for-facebook

Share:

jasa video

galen.nolan1@gmail.comn> Hub Contact Person HP 085642440571 (wa /telp) / 085642440571 [call only] Galennolan.

Dipersembahkan oleh