Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Jumat, 09 Juni 2023

Tulisan serius pertama yang dimuat oleh Media Online Terkenal


Galih Setiawan

Saya memang menulis artikel itu dengan harapan dapat membantu mahasiswa. Saat kuliah dulu saya sering kesulitan membaca artikel jurnal ilmiah sebagai referensi tugas dan skripsi. Banyak istilah asing dan metode penelitian yang membingungkan. Saya sering menghabiskan banyak waktu untuk memahami satu artikel saja.

Kini sebagai dosen, saya sering mendengar keluhan serupa dari mahasiswa. Mereka kesulitan memahami artikel untuk tugas akhir maupun publikasi ilmiah. Padahal referensi yang relevan dapat meningkatkan kualitas karya mereka. Oleh karena itu saya berinisiatif membuat tips-tips singkat untuk membaca artikel ilmiah bagi mahasiswa.

Saya memilih fokus pada aspek-aspek praktis seperti cara memahami abstrak, menelusuri metode, mengidentifikasi kontribusi penelitian, serta memanfaatkan ringkasan dan kesimpulan. Tujuannya agar mahasiswa lebih mudah menemukan informasi penting dari sebuah artikel.

Ternyata tulisan saya diterima Republika. Ini membuat saya bahagia bukan hanya karena namanya terpublikasi, tetapi lebih kepada harapan manfaatnya dapat meringankan beban mahasiswa yang sama-sama pernah mengalami kesulitan membaca artikel ilmiah. Alangkah baiknya jika sedikit tips kecil itu dapat berguna. Itulah latar belakang saya menulis artikel tersebut. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive