Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Senin, 18 Juli 2022

Rahasia Copywriting yang baru saya ketahui

Belakangan hari terakhir saya sering posting konten untuk kebutuhan bisnis saya. Konten ini adalah konten dengan feels tiktok yang ternyata menjangkau lebih banyak orang ketimbang konten gambar biasa. Karena saking seringnya bikin konten akhirnya belajar lah sekalian tentang copywriting. Nah copywriting secret yang penting adalah salahsatunya AIDA atau Attention Interest Desire dan Action. Dalam hal ini penerapannya copywriting di sosial media atau di internet ya. 
Rahasia copywriting


Attention

Hampir mirip mirip dengan konsep marketing yang saya jabarkan juga di youtube yang intingya adalah Traffic , Engagement dan Conversion namun dalam bentuk atau dari sisi user. Yang pertama adalah attention Perhatian. Jadi agar konten kita diperhatikan kita harus bikin sesuatu untuk mendapat perhatian. kalau kita penjual obat di pasar kita akan manggil orang sebanyak banyak lalu kalau konten darimana? Tentu saja Judul atau gambar yang menarik karena konten kita kan menjual 2 hal itu, makanya jaman sekarang sering banget orang orang berlomba membuat clickbait yang paling parah sih tribunnews, bikin clickbait nya ngeri banget yang mana tujuannya adalah mendapatkan attention dari user. 

Interest

Setelah user mau berhenti scrolling atau memutuskan klik konten kita, konten kita itu membuat user minat makin tertarik lagi atau engage ke konten kita. Jadi kontennya isinya sesuatu yang informatif atau lucu dan relate ke user. kata kuncinya sih sebenarnya adalah relate. atau sesuatu yang user banget. user yang nonton konten kita tuh bakal bilang " GW banget nih" nah yang ini memang agak tricky karena rumus pastinya ga tau dan sangat tergantung dengan target follower yang mau kita sasar atau target market yang mau kita sasar. 

Desire

Selanjutnya adalah desire, buat user  menginginkan atau pengen terhadap sesuatu yang kita tawarkan di konten tersebut. atau bikin bahwa sesuatu yang kita sampaikan tuh juga sesuatu yang penting untuk user atau follower. mungkin paling sering sih di gojek seperti promo diskon, sesuatu yang  murah atau kalau konten tentang restoran makanan yang enak banget. jadi intinya user yang nonton konten kita jadi pengen mencoba pengen mencicipi. 

Action

Selanjutnya kalau udah bikin user tertarik ,dan pengen banget nih saatnya kita kasih action. harus ngapain kalau user pengen. bisa beli di tokopedia, kasih link tokped, bisa kunjungi restoran yang kita promosikan kasih link . Pengen download aplikasi gojek suruh download app di playstore. jadi tuh kita sebagai pembuat konten menyuruh user untuk melakukan A atau B agar bisa juga ikut merasakan kenikmatan atau manfaat yang kita share sebelumnya. 

Nah itu kali ya 4 hal ini. saya sih belum terlalu bikin banyak konten dan masih belajar. namun begitu konten konten yang saya bikin bsa cek di tiktok joyoalkes atau dan kursus komputer cumangitu saya sih 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive