Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Selasa, 09 Mei 2023

PUT dan Patch di di HTTP apaan tuh

Saat mengajar mobile programming dengan Flutter dan menggunakan arsitektur REST API, saya juga membahas perbedaan antara metode PUT dan PATCH dan bagaimana keduanya digunakan dalam pengembangan aplikasi.

Saya menjelaskan bahwa metode PUT digunakan untuk menggantikan seluruh data yang sudah ada di server dengan data yang baru, sedangkan metode PATCH digunakan untuk memperbarui sebagian data yang sudah ada. Dalam penggunaannya, permintaan PUT memerlukan pengguna untuk mengirimkan semua data yang diperbarui, termasuk data yang tidak berubah, sedangkan permintaan PATCH hanya mengirimkan data yang perlu diperbarui.

Saya memberikan contoh bahwa jika ada data user yang perlu diperbarui, permintaan PUT akan mengharuskan pengguna untuk mengirimkan semua data user yang diperbarui, termasuk data yang tidak berubah seperti nama pengguna dan email. Namun, jika hanya ada data alamat yang perlu diperbarui, pengguna hanya perlu mengirimkan data alamat dalam permintaan PATCH, dan server hanya akan memperbarui data alamat di database.


Saya menekankan bahwa pemahaman tentang perbedaan antara metode PUT dan PATCH sangat penting dalam pengembangan aplikasi, terutama saat menggunakan REST API. Memilih metode yang tepat memungkinkan pengguna untuk memperbarui data dengan cara yang efisien dan aman, serta mengurangi risiko kesalahan dalam penggunaan API.

Saya juga memberikan contoh penggunaan metode PUT dan PATCH pada Flutter menggunakan package http. Saya menunjukkan bagaimana membuat permintaan PUT dan PATCH dan mengirimkan data yang diperbarui ke server. Dengan demikian, mahasiswa dapat memahami secara praktis bagaimana menggunakan metode PUT dan PATCH dalam pengembangan aplikasi Flutter yang menggunakan REST API.

Dalam pengajaran saya, saya selalu menekankan pentingnya memahami konsep-konsep dasar dalam pengembangan aplikasi seperti HTTP, metode HTTP, dan arsitektur REST API. Saya berharap dengan pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep ini, mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi yang berkualitas dan aman
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive