Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Selasa, 02 Mei 2023

Mengajar Flutter, Rest API

Hari ini saya sebagai dosen mengajar kelas mobile programming dengan Flutter dan menggunakan arsitektur REST API untuk melakukan operasi CRUD dengan bantuan framework Laravel. Kelas ini diikuti oleh mahasiswa yang sangat tertarik dengan topik ini dan antusias untuk belajar lebih lanjut.

Kelas dimulai dengan membahas konsep REST API dan bagaimana arsitektur ini digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile. Kami juga membahas framework Laravel dan bagaimana ini dapat membantu dalam pengembangan aplikasi REST API dengan mudah.


Selanjutnya, kami membahas bagaimana menggunakan library Laravel Resource untuk menghasilkan data dalam format JSON. Saya menunjukkan bagaimana membuat endpoint API pada Laravel untuk melakukan operasi CRUD dan menghasilkan data dalam format JSON. Proses ini sangat penting karena data yang dihasilkan dari REST API akan digunakan dalam aplikasi Flutter.

Setelah memahami konsep REST API dan pembuatan endpoint API pada Laravel, kami fokus pada pengembangan aplikasi Flutter. Saya membahas konsep state management pada Flutter dan bagaimana menggunakan package http pada Flutter untuk melakukan request ke endpoint API. Kami juga membahas bagaimana menangani error dan menampilkan pesan error pada aplikasi Flutter.

Selama tiga jam, kami sangat fokus pada topik ini dan mahasiswa sangat tertarik dengan materi yang disampaikan. Ada banyak pertanyaan dan diskusi yang terjadi selama kelas, dan saya senang melihat antusiasme mereka untuk belajar lebih lanjut.

Secara keseluruhan, kelas ini sangat sukses dan saya senang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan mahasiswa. Saya berharap mereka dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam pengembangan aplikasi mereka di masa depan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive