Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Rabu, 27 April 2022

Menjalankan podcast selama setahun



Di Awal Tahun 2020, 1 bulan sebelum kasus corona pertama masuk ke Indonesia, Saya bersama rekan dosen saya ingin membuat sebuah podcast di spotify. Sebelumnya ingin membahas yang ringan ringan tentang dunia kampus dan dunia IT. Namun memang hal yang paling susah di dunia ini adalah istiqomah atau konsistensi. Konsisten untuk terus menerus posting, terus menerus menghasilkan konten bukan perkara mudah. Setelah episode 8 semua podcast saya jalankan sendiri tanpa rekan dosen saya tadi. Pembahasan podcast yang sebelumnya tentang dunia IT, kampus sekarang  beralih ke pembahasan digital marketing yang baru aja saya geluti karena di samping dosen saya juga sedang mengembangkan bisnis alat kesehatan di sukoharjo jawa tengah. Podcast saya yang random ini juga pembahasan yang kurang dalam membuat podcast saya tidak meraih traffic seperti yang diinginkan. haha

Karena memang tujuan pertama membuat podcast ini untuk melatih diri saya sendiri untuk berbicara( bukan membela diri) maka saya lanjutkan terus saja podcast ini bahkan sampai episode ke 54. setelah episode 54 pun pendengar juga tidak membaik, Mungkin memang pembawaan saya yang membosankan atau tidak konsisten post konten podcast atau juga saya tidak punya UPS atau Unique selling proposition Pembahasan yang kurang menarik , kurang unik yang membuat saya menjadi orang rata rata dan tidak ada nilai  atau value yang bisa diambil oleh pendengar podcast saya. Entahlah namun satu hal yang pasti, kemampuan saya berbicara jadi lebih baik dari sebelumnya setidaknya itulah menurut saya. Podcast tersebut membuaat saya berani membuat konten youtube tutorial, konten mengajar yang mana penontonnya pun ga banyak juga.. hahaha lagi lagi ini soal UPS dan kedalaman konten yang saya buat mungkin yaa.. 

Sebelum membuat podcast tersebut saya merasa saya sangat tertutup, introvert parah dan takut untuk mengajar. menjadi dosen adlaah hal baru bagi saya .. Karena sebelumnya saya bekerja di balik layar sebagai TV video editor dan tidak secara langsung banyak berkomunikasi dan berbicara. podcast ini merupakan jembatan bagi saya untuk dapat melewati dunia mengajar dan dosen yang baru aja saya tempuh. Menarik sekali menurut sya untuk melihat ke belakang dan cek lagi saya sebelum buat podcast dan setelah bikin podcast. walaupun mungkin ndak bermanfaat untuk orang lain. setidaknya podcast saya tersebut sangat bermanfaat untuk saya sendiri. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive