Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Rabu, 27 April 2022

Mudahkah menjadi freelancer ??

Di tahun 2015- 2018 saya terjun di dunia freelancing dalam hal ini melalui platform ya, seperti freelancer.com , upwork.com dan fiverr.com anda bisa cek di web freelancernya, Mungkin disana terlihat saya mendaftar dari Februari 2015 namun saya mendapatkan project pertama kali saya di bulan 2016. Karena saya masih meraba raba cara mengirim proposal yang baik. Sistemnya di platform freelancer adalah employer post sebuah kerjaan, lalu freelancer akan bid atau mengajukan proposal tender..  yang proposal nya baik yang akan diterima atau diberikan project oleh employer. 

Selama setahun yaitu dari bulan februari 2015 sampai Februari 2016 saya berlatih untuk mengajukan proposal agar diterima, tentu juga meningkatkan portofolio melalui youtube. karena saya punya banyak kelemahan baik dalam portofolio maupun mengajukan proposal dalam bahasa inggris. Perjalanan yang menarik. selama setahun tersebut karena sangat berharap untuk mendapatkan project pertama. Karena saya yakin setelah mendapatkan project pertama, project kedua akan lebih mudah untuk didapatkan. 


Sebenarnya kenapa terjun di dunia freelancing karena rasa penasaran yang sangat tinggi,bagaimana mengerjakan project dari luar dan dibayar menggunakan mata uang asing( pembayaran tidak hanya dalma dollar). Pembayaran biasanya masuk ke currency digital platform tersebut dan ditarik ke paypal lalu dikirim ke rekening indonesia kita. Lalu apa bedanya freelancing melalui platform dan freelancer offline.  Yang pertama adlah requirement yang diminta mereka employer luar lebih jelas dan terarah. ketimbanga project dalam negeri yang saya nemu nya agak ribet dan kurang jelas( mungkin saya nya yang sial, bukan menggambarkan keadaan aslinya). 

Dan setelah bertahun tahun tidak ngefreelance terkadang kangen juga untuk bisa ngefreelance dan menunggu revisian dair employer jam 3 pagi.. oh yeahh 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive