Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Jumat, 27 Mei 2022

Alur Kerja Pembuatan Software

Alur Kerja Pembuatan Software

1. Business Requirement

Semua aplikasi atau software pada dasarnya ingin meraih target bisnisnya. Bisnis disini bukan berarti selalu hal komersil tapi tergantung tujuan utama dari sebuah organisasi, tujuan personal atau tujuan tertentu. Dalam membuat aplikasi yang pertama kita lakukan adalah menentukan tujuan dari Business apa? Hal itulah pertama yang perlu kita catat. biasanya step ini dilakukan oleh tim bisnis. karena hal ini berkaitan dengan riset ,riset ini erat hubungannya dengan customer, dengan bisnis utama kita hal hal operasional yang non teknis ya. Contoh membuat aplikasi pengantaran makanan Siapa target utama customer app ini, apakah perlu dibuat aplikasi ini, lalu mendapatkan customernya prosesnya seperti apa. dan hal hal apa yang dibutuhkan jika mau membuat aplikasi pengantaran makanan. 

Setelah riset ini selesai, dilanjutkan ke breakdown bulanan atau timeline pengerjaan, berapa lama pembuatan design ui ux nya berapa lama orang nya siapa saja. KPI nya harus jelas. supaya project ini lancar selesai dan sesuai target. 

Lalu harus juga ditentukan flowchart bisnisnya. Apakah mendahulukan akusisi user dulu yang penting banyak user dari app yang mau dibkin sehingga mengorbankan profit. atau kayag bakar uang dulu deh.. ga usa profit dulu seperti ovo gojek grab yang bikin promo yang agak ekstrim yaa karena promonya seperti tidak masuk akal. tapi benefitnya dari app tersebut adalah usernya juga luar biasa banyak. Atau app yang mau kita bikin langsung mikirin profit seperti menambahkan iklan atau mencharge fee ke pembeli dan penjual. 

2. User Interface dan User Experience 

Hal ini akan merhubungan dengan riset sebelumnya yakni customer, dan engineer yang ditunjuk. Karena aplikasi ini tentunya memiliki target user yang spesifik, kira kira ui/ux yang bagaimana yang fit dan klop dengan user atau customer yang telah ditentukan. juga alur alur yang seperti apa yang nyaman untuk customer yang telah ditentukan. 

3. Technical Design

UI UX sudah ketemu selanjutnya kita baru membahas tentang hal teknis, kira kira dengan requirementnya yang ada gimana alur ERD nya, LRS nya seperti apa. kalau keinginan seperti itu baiknya pake apa. Apakah bisa hanya pake framework flutter saja. atau yang lain. kalau seumpama kita menentukan pakai framework tertentu ada halangan atau tidak untuk mencapai target bisnis yang lain. hal hal teknis seperti itu ditentukan di tahap ini .

4. Architecture Review

Hasil dari techinical design akan direview secara architecture dengan pertimbangan network, security, performance dan keberlangsungan app dalam jangka panjang. juga meminimalisir masalah dengan menentukan techinical design  yang baik. 

5. API Specification

Di Era WEB 3.0 Seperti sekarang rasanya hampir tidak mungkin kita tidak memanfaatkan API untuk pembangan sebuah aplikasi kita. entah API external dan API internal dan hal itu sangat perlu untuk diperhatikan. 


6. Development

Di tahap ini kita mulai membuat Backend dan frontend sesuai dengan API Specification yang telah ditentukan sebelumnya. 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive