Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Kamis, 26 Mei 2022

Apakah mudah Belajar Flutter

Susah untuk spek kentang 


Belajar develop sebuah aplikasi dengan flutter sebenarnya mudah namun proses menjalankan simulatornya yang kadang ribet tentu jika speknya agak kentang yaa.. running task gradle tu bikin test kesabaran kita. karena pernah saya running task gradle assemble tu lamanya bukan main. bahkan pernah 1 hari dari jam masuk kerja setengah 8 sampai pulang ja setengah 5 hanya ngurusin itu doank. Karena jengkel saya install ulang saja android studio dan javanya. Ternyata jadi lancar. 

Setelah saya ingat ingat kenapa hal ini terjadi, saya menghapus file cache secara random dan itu ada hubungannya dengan file flutter saya. harusnya sih kalau secara logika kalau running gradle otomatis membuat ulang file cachenya donk. kenapa jadi ga terbikin ulang. Untuk alasan pastinya saya juga gatau. tapi yang pasti setelah instaall ulang android studio dan updata java langsung lancar kok.  O iya spek saya adalah i5 7th gen dengan ram 8 namun hardisk saya bukan ssd. 

Simulator chrome

Untuk yang ga kuat atau malas nunggu membuka emulator androidnya bisa banget mencoba membukanya dengan simulator nya adalah browser chrome. tapi perlu siap siap aja kalau membuat rest api nya menggunakan codeigniter 4 (kalau kasus saya dan mahasiswa saya)rest api lokal saya ditolak ama CORS security sehingga ga bisa akses data rest api tersebut padahal kalau cobain di postman atau copas url method get rest api di browser lancar. Nah kalau ini masalah anda bisa cek postingan kita sebelum ini Flutter web error
Kenapa belajar flutter


Mudah dan Banyak Dokumentasi

Flutter ini didukung oleh perusahaan google bahkan aplikasi google adword sebuah aplikasi yang merupakan sumber uangnya google di develop menggunakan flutter. Flutter sangat potensial, dan masih jarang yang menggunakannya. untuk anda yang mau belajar flutter ini adalah saat yang tepat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive