Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Kamis, 24 Agustus 2023

Tulisanku dimuat di REPUBLIKA


Banyak mahasiswa merasa kesulitan memahami isi artikel jurnal ilmiah sebagai referensi tugas akhir atau skripsi. Mereka berjuang memahami istilah asing dan metode penelitian yang rumit.


Sebagai dosen, saya sering mendengar keluhan serupa dari mahasiswa. Mereka butuh referensi relevan tetapi kesulitan memanfaatkannya.


Oleh karena itu saya ingin membagikan tips singkat untuk mempermudah mahasiswa membaca dan memahami artikel ilmiah. Fokus pada cara menemukan informasi utama seperti memahami abstrak, menganalisis metode, mengidentifikasi kontribusi penelitian, serta meringkas poin penting.


Saya menulis artikel dengan tips tersebut dan ternyata dimuat di media massa. Ini membuat saya bahagia karena manfaatnya dapat dirasakan mahasiswa. Meskipun langkah kecil, setidaknya saya berharap dapat membantu mereka yang pernah mengalami kesulitan serupa saat kuliah dulu. Semogatips singkat ini bermanfaat.

Demikian latar belakang saya menulis artikel untuk membantu mahasiswa membaca artikel ilmiah dengan lebih mudah. Semoga dapat meringankan beban mereka menemukan referensi untuk tugas akhir.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive