hai semua.. kali ini akan membahas tentang shortcut yang digunakan untuk menu
blender adalah software open source atau gratis yang sangat powerfull.
Fungsi Mouse :
- Klik Kanan : Seleksi Objek
- Scroll : Zoom in / Zoom Out
- Klik Scroll seret mouse : Melihat objek dari berbagai sudut
- Klik Kanan plus shift untuk geser geser
Fungsi Keyboard :
- Tab : Menggati Mode
- Ctrl + Tab : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
- Ctrl + R : Menambah garis vertex
- CTRL + ALT + Q : membagi 4 layar
- S (Scale) : Memberbesar Objek
- s + x : memperbesar objek arah horizontal
- s + y : melebarkan objek searah sumbuh y
- s + z : memperbesar objek arah vertikal
- r (rotate) : memutar obyek
- r + x : memutar obyek pada sumbu x
- r + y : memutar obyek pada sumbu y
- r + z : memutar obyek pada sumbu z
- A : seleksi semua / menghilangkan seleksi
- B : Seleksi objek dengan mode kotak
- C : Seleksi Objek dengan mode bulat
- Z : Mengubah View Port Shading
menambahkan edge = ctrl + R
alt +e untuk extrude
untuk menyambung mesh vertex klik f pada keyboard
untuk extract mesh klik p pada saat masuk edit mode
untuk merge mesh masuk edit mode seleksi dua vertex dan klik alt + m pada keyboard
Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:
1. vertex : menyeleksi dari sisi sudut
2. edge : menyeleksi dari tepi garis
3. face : menyeleksi dari tengah titik
4. edit mode : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
5. object mode : mode object secara utuh.
6. Render : melihat hasil gambar.
7. Material : untuk pewarnaan
8. Texture : untuk menambahkan texture.
blender adalah software open source atau gratis yang sangat powerfull.
Fungsi Mouse :
- Klik Kanan : Seleksi Objek
- Scroll : Zoom in / Zoom Out
- Klik Scroll seret mouse : Melihat objek dari berbagai sudut
- Klik Kanan plus shift untuk geser geser
Fungsi Keyboard :
- Tab : Menggati Mode
- Ctrl + Tab : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
- Ctrl + R : Menambah garis vertex
- CTRL + ALT + Q : membagi 4 layar
- S (Scale) : Memberbesar Objek
- s + x : memperbesar objek arah horizontal
- s + y : melebarkan objek searah sumbuh y
- s + z : memperbesar objek arah vertikal
- r (rotate) : memutar obyek
- r + x : memutar obyek pada sumbu x
- r + y : memutar obyek pada sumbu y
- r + z : memutar obyek pada sumbu z
- A : seleksi semua / menghilangkan seleksi
- B : Seleksi objek dengan mode kotak
- C : Seleksi Objek dengan mode bulat
- Z : Mengubah View Port Shading
menambahkan edge = ctrl + R
alt +e untuk extrude
untuk menyambung mesh vertex klik f pada keyboard
untuk extract mesh klik p pada saat masuk edit mode
untuk merge mesh masuk edit mode seleksi dua vertex dan klik alt + m pada keyboard
nah ini dasarnya
memindah G
Rotate Memutar R
Scale / memperbesar S
create mesh - shift + A = create box. circle, cylinder
Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:
1. vertex : menyeleksi dari sisi sudut
2. edge : menyeleksi dari tepi garis
3. face : menyeleksi dari tengah titik
4. edit mode : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
5. object mode : mode object secara utuh.
6. Render : melihat hasil gambar.
7. Material : untuk pewarnaan
8. Texture : untuk menambahkan texture.
0 komentar:
Posting Komentar