Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Jumat, 21 Juli 2023

Apa itu React kenapa harus belajar React ?

React adalah sebuah library JavaScript yang digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (user interface/UI) pada aplikasi web. React dikembangkan oleh Facebook dan dirilis pada tahun 2013. React memungkinkan pengembang untuk membuat komponen-komponen UI yang dapat digunakan kembali dan membangun aplikasi web yang kompleks dengan mudah.


Salah satu fitur utama dari React adalah Virtual DOM (Document Object Model). Virtual DOM adalah representasi virtual dari DOM yang digunakan oleh React untuk memperbarui tampilan aplikasi dengan lebih efisien. Ketika terjadi perubahan pada komponen UI, React akan memperbarui Virtual DOM terlebih dahulu, lalu membandingkannya dengan DOM yang sebenarnya untuk menentukan perubahan yang perlu dilakukan. Dengan menggunakan Virtual DOM, React dapat meminimalkan jumlah manipulasi pada DOM yang sebenarnya, sehingga meningkatkan kinerja aplikasi.

React juga memungkinkan pengembang untuk menggunakan JSX, sebuah sintaks ekstensi JavaScript yang memungkinkan pengembang menuliskan kode HTML di dalam kode JavaScript. Hal ini memudahkan pengembang untuk membuat komponen UI yang kompleks dengan mudah dan lebih mudah dibaca.

React juga memiliki ekosistem yang besar dan aktif, dengan banyak library dan tool yang tersedia untuk membantu pengembang dalam mengembangkan aplikasi web dengan React. Beberapa contoh library populer di antaranya adalah Redux untuk manajemen state, React Router untuk routing, dan Material UI untuk komponen UI yang sudah siap pakai.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive