Blog tentang perjalanan karir, bisnis dan pergulatan batin

Minggu, 16 Juli 2023

Ini nih bedanya sistem informasi Kesehatan dengan aplikasi Rekam Medis


apa bedanya sik dengan rekam medis

Sistem Informasi Kesehatan (SIK) dan rekam medis keduanya berfokus pada pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan pengelolaan informasi kesehatan. Namun, terdapat perbedaan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan antara SIK dan rekam medis:

Lingkup Informasi
Rekam medis lebih fokus pada informasi kesehatan individu pasien, termasuk riwayat medis, hasil pemeriksaan, diagnosis, rencana perawatan dan catatan medis lainnya. Sedangkan SIK lebih meluas mencakup informasi kesehatan yang lebih banyak termasuk data populasi, data kesehatan masyarakat, dan informasi kesehatan yang berkaitan dengan sistem perawatan kesehatan secara keseluruhan.

Pengguna
Rekam medis lebih dipergunakan oleh dokter atau tenaga medis yang merawat pasien. Sedangkan SIK diakses oleh berbagai pihak, termasuk dokter, tenaga medis, manajer layanan kesehatan, peneliti, dan pihak yang terkait dengan pengambilan keputusan kesehatan.

Tujuan
Rekam medis bertujuan untuk menyimpan informasi kesehatan individu pasien, dan menjadi catatan medis yang akurat untuk membantu dokter atau tenaga medis dalam memberikan perawatan yang tepat. Sementara itu, tujuan SIK adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem perawatan kesehatan, meningkatkan kualitas perawatan kesehatan, dan memudahkan akses ke informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

Format Informasi
Rekam medis lebih sering menggunakan format dokumen fisik, seperti catatan medis tertulis atau digital, dan biasanya berisi data yang berkaitan dengan pasien secara individual. Sementara itu, SIK lebih sering menggunakan format digital, seperti sistem basis data dan perangkat lunak khusus, dan biasanya berisi informasi kesehatan yang lebih luas.

Dalam keseluruhan, SIK dan rekam medis keduanya penting dalam pengelolaan informasi kesehatan. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam hal lingkup informasi, pengguna, tujuan, dan format informasi yang digunakan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Talk ?

galen.nolan1@gmail.comn> .

Dipersembahkan oleh

Labels

Blog Archive